Pengertian
Menurut para ahli, Perangkat lunak merupakan :
- Menurut Pressman, 1997, perangkat lunak adalah instruksi (program komputer) yang bila dieksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu, struktur data yang dapat membuat program memanipulasi informasi, dokumen yang menjelaskan program.
- Sedangkan menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), perangakat lunak adalah program komputer, prosedur, aturan dan dokumentasi yang berkaitan serta data, yang bertalian dengan operasi suatu sistem komputer.
Secara umum perangkat lunak adalah kumpulan program komputer dengan fungsi tertentu.
Sejarah
Sejarah perkembangan perangkat lunak (Software) ada dua yaitu :
- Perangkat lunak sebelum generasi pertama :
- Sistem kode Pertama (300 SM)
Bangsa Yunani menggunakan sinyal obor untuk mengirimkan berita dari satu kota ke kota lain. Untuk masing-masing stasiun didirikan dua buah tembok setinggi 6 kaki dan masing-masing mempunyai 5 obor. Kombinasi obor yang ada di tembok pertama dengan yang ada di tembok kedua membentuk suatu huruf. Tiap stasiun mempunyai tabel berbentuk matriks 5 baris 5 kolom. Tembok di sebelah kanan mewakili baris dan tembok di sebelah kiri mewakili kolom. Perpotongan antara baris dan kolom membentuk kode huruf yang dimaksud. Sistem ini disebut dengan polybius telegraph.
- Penulisan perangkat lunak pertama (1842)
Augusta Ada King, atau Countess of Lovelace (1815 – 1852), anak perempuan dari seniman Lord Byron merupakan anak pertama yang menulis perangkat lunak yang diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine. Nama Ada sekarang diabadikan pada nama sebuah bahasa komputer yaitu “ADA”. Pada tahun 1983 ADA merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.
- Program Mekanik Pertama (1933)
Wallace J. Eckert (1902 – 1971) adalah seorang Astronom berkebangsaan Amerika yang menyutradarai Thomas J. Watson Astronomical Computing Biro di Columbia University yang berkembang menjadi devisi penelitian IBM. Dia menggabungkan beberapa mesin akuntansi plong IBM yang berbeda. Untuk menjalankan mesin ini sebagai satu kesatuan, Wallace J. Eckert membuat suatu program mekanik yang mengontrolnya.
- "Bug" dalam Komputer (1945)
Istilah bug muncul dalam dunia komputer ketika komputer pertama di bangun pada awal 1940-an, ketika itu ada seorang pekerja yang menemukan bug baik di perangkat keras dan program yang sedang berjalan. Namun sebenarnya istilah bug pada komputer diawali dengan kisah unik, Pada tanggal 9 September 1945, salah seorang tim dari Universitas Hardvard memandang pada Panel F dan menemukan sesuatu yang tidak biasa antara titik di relay 70. Ternyata itu adalah ngengat (bug ; binatang kecil; serangga), kemudian mereka segera mengambilnya dan menyimpan dalam buku catatan (log book). Grace Hopper memberikan catatan pada buku itu denan judul “First actual case of bug being found,” dan itulah pertama kalinya istilah Bug digunaan untuk menggambarkan kesalahan komputer. Di bawah ini merupakan gambar bug pertama yang disimpan dalam logbook.
- Perangkat lunak semasa generasi pertama
Programer pada komputer generasi pertama didominasi oleh ahli teknik dan ahli matematika yang tertarik menggunakan komputer untuk menyelesaikan permasalahan di bidangnya. Program yang dibuat dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya program tersebut sifatnya unik untuk suatu aplikasi tertentu dan tidak dapat digunakan untuk aplikasi yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut diciptakan lah bahasa pemrograman agar orang awam pun bisa membuat perangkat lunak.
Karakteristik Perangkat Lunak
Perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Dengan demikian, perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dari perangkat keras :
- Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik.
Meskipun banyak kesamaan diantara pabrik perangkat keras dan perangkat lunak aktivitas keduanya secara mendasar sangat berbeda. Dalam kedua aktivitasnya tersebut, kualitas yang tinggi dicapai melalui perancangan yang baik, tetapi di dalam fase pembuatan perangkat keras, selalu saja ditemukan masalah kualitas yang tidak mudah untuk disesuaikan dengan perangkat lunak. Kedua aktifitas itu tergantung pada manusia, tetapi hubungan antara penerapan yang dilakukan manusia dengan usaha yang diperoleh sangat berbeda. Kedua aktifitas itu membutuhkan konstruksi sebuah “produk”, tetapi pendekatan yang dipakai berbeda.
- Perangkat lunak tidak pernah usang.
Perangkat lunak tidak rentan terhadap pengaruh lingkungan yang merusak yang menyebabkan perangkat lunak menjadi usang. Bila komponen suatu perangkat keras telah usang, komponen dapat diganti dengan suku cadangnya. Namun tidak ada suku cadang bagi perangkat lunak. Setiap kegagalan perangkat lunak menggambarkan kesalahan dalam perancangan atau proses di mana rancangan diterjemahkan ke dalam kode mesin yang dapat dieksekusi. Demikianlah, pemelihara perangkat lunak menjadi lebih kompleks daripada pemeliharaan perangkat keras.
- Sebagian besar perangkat
lunak dibuat secara “Custom-built”, serta tidak dapat dirakit dari komponen
yang sudah ada.
Setiap IC (chip) mempunyai nomor bagian tersendiri, sebuah fungsi yang sudah terdefinisi dan tervalidasi, interface yang didefinisikan dengan baik, serta rangkaian standar tuntunan integrasi. Setelah masing-masing komponen diseleksi, perangkat keras dapat dipesan secara terpisah. Sayangnya para perancang perangkat lunak tidak diberi fasilitas seperti yang digambarkan di atas. Dengan sedikit pengecualian, tidak ada katalog komponen perangkat lunak. Memang memungkinkan untuk memesan perangkat lunak secara terpisah, tetapi tetap merupakan satu kesatuan yang lengkap, bukan sebagai komponen yang dapat dipasangkan ke dalam program-program yang baru.
Jenis-jenis Perangkat lunak
Software atau
perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa
macam :
- Berdasarkan distribusinya :
- Freeware Perangkat lunak bebas (Inggris: Free Software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.
- Free Software
Perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Kadang jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrogram lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.
- Shareware
Adalah software/aplikasi yang dapat di-download dan digunakan secara gratis. dari namanya yang terdapat kata Share mungkin kita sudah memiliki gambaran bahwa software ini dibagikan, Namun penggunaannya/pemakai/use memiliki batas waktu tertentu dalam penggunaanya. lisensi seperti ini biasa disebut trial version, karena kita diberi kesempatan untuk mencobanya, kemudian jika kita merasa softwarenya bagus atau dapat bermanfaat bagi kita, maka kita diharuskan membeli karena masa trialnya yang sudah habis, atau tidak mendapatkan fitur penuh dari software ini.
- Adware
Adware adalah iklan aplikasi. Atau pengertian dari adware adalah metode periklanan melalui perangkat lunak. Biasanya metode yang digunakan adware adalah bersifat tak terlihat dalam artian menyamarkan kalau itu merupakan sebuah iklan. Dan biasanya juga pengguna sedikit dikelabuhi kalau yang ditampilkan adalah bagian dari aplikasi sehingga pengguna awam komputer tidak akan menyadarinya. Adware sendiri biasanya terinstalasi dalam aplikasi dan masuk dalam sistem ketika pengguna mendownload perangkat lunak demo, freeware atau shareware dari Internet. Adware sendiri biasanya memerlukan koneksi internet jika ingin bekerja maksimal walau memang ada beberapa adware offline.
- Berdasarkan Fungsinya :
Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem. - Perangkat Lunak Aplikasi
- Word Processing
Word processing atau pengolah kata adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya untuk membuat dokumen. - Spreadsheet
Perangkat lunak ini berfungsi sebagai pengolah data (angka). Mempermudah user’s untuk melakukan operasi perhitungan dengan fitur-fitur yang mendukung dalam pengolahan data. - Desktop publishing
adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh percetakan untuk menghasilkan produk cetakan seperti brosur atau kartu undangan. - Presentasi Grafik
Perangkat ini berguna dalam presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. - Perangkat Lunak Sistem
- Sistem Operasi
System operasi (software platform) adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk untuk mengendalikan system computer. Fungsi system operasi adalah: - Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada computer.
- Manajemen sumber daya berkaitan dengan penegendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam system computer yang dilakukan oleh perangkat lunak system ataupun pereangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan pada computer.
- Device Driver
Device driver adalah program yang berfungsi untuk membantu computer merngendalikan peranti-peranti peripheral. - Penerjemah Bahasa
Program yang digunakan baik program aplikasi maupun system sebenarnya dibuat dengan bahasa pemprograman.
- Sistem Operasi
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar